Klappertart Durian, Sensasi Lezatnya Langsung Terasa Sejak Suapan Pertama

Klappertart Durian, Sensasi Lezatnya Langsung Terasa Sejak Suapan Pertama

Hayooo.. siapa yang suka banget.. nget.. ngeet.. sama dessert yang namanya Klappertart, tunjuk jari? Wuuuiih.. banyak juga disini yang Klappetart-lovers.. tooss dulu Bunda!. Memang ya, camilan yang mengandung kalori cukup tinggi ini betul-betul numero uno lezatos! Masuk ke dalam kategori camilan penggagal diet tingkat dewa ya Bunda? wkwkwk. Bagi Bunda yang belum kenal, Klappertart adalah salah satu kue khas Manado yang terinspirasi dari kue khas Belanda. Makanan ini mulai muncul di Indonesia pada jaman kolonial. 
Klappertart yang ada di Indonesia biasanya menggunakan bahan berupa kelapa, susu, tepung terigu, telur, dan mentega. Lalu dimasak dengan cara dipanggang atau dikukus. Perpaduan kelapa muda dan berbagai bahan yang diolah, membuat Klappetart menjadi dessert maupun camilan yang digemari. Nah.. jika Klapertart sendiri saja sudah enak banget, bagaimana bila dalam klapertart ada duriannya? Jadi dobel enak dong ya pastinya! Tertarik untuk mencobanya? Kebetulan kami akan sajikan resepnya kali ini, Klappertart Durian yang akan bikin Bunda dan keluarga ketagihan. Mari simak resep di bawah ini.
Bahan-bahan
  • 1000 ml susu cair
  • 100 gr gula pasir
  • 40 gr tepung custard
  • 40 gr tepung terigu
  • 20 gr tepung maizena
  • 5 butir kuning telur
  • 100 gr margarine
  • 200 gr daging durian, blender
  • Daging kelapa muda dari 1 butir kelapa
  • Topping:
    • 5 butir putih telur
    • 30 gr gula pasir
    • Cokelat chips (bisa diganti sesuai selera)
    • Cokelat bubuk (bisa diganti sesuai selera)
Cara Membuat
1. Aduk hingga tercampur rata: 300 ml susu cair, tepung custard, tepung terigu, dan tepung maizena. Sisihkan
2. Masukkan ke dalam panci 600 ml susu cair dan gula pasir, masak dengan api sedang hingga mendidih
3. Masukkan campuran susu cair dan tepung pada tahap pertama tadi sambil aduk cepat sampai adonan mengental dan tercampur rata. Matikan kompor.
4. Masukkan margarine, aduk rata
5. Setelah uap panas hilang, masukkan kuning telur satu persatu dan aduk rata
6. Masukkan durian dan kelapa muda. Aduk rata
7. Tuang adonan ke dalam cup alumunium foil setinggi ¾
8. Panggang dengan teknik au ban marie, selama 25 menit
9. Buat adonan meringue. Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula pasir dan kocok lagi hingga kaku
10. Keluarkan klappertart dari oven, tutup dengan adonan meringue hingga tertutup rata. Taburi cokelat bubuk dan choco chips
11. Oven lagi sekitar 15 menit hingga permukaannya berwarna kecoklatan
Tunggu hingga Klappertart hangat, dan sajikan bersama minuman segar seperti jus jeruk atau jus strawberry. Klappertart juga jauh lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan dingin. Maka dari itu, kue ini biasanya dimasukan ke dalam kulkas terlebih dahulu sebelum disajikan.
Tips
Untuk pembuatan Klappertart ini, daging kelapa sebaiknya direbus supaya makanan khas Manado ini tahan lama umur simpannya. Merebusnya dengan air kelapa akan menambah rasa gurih daging kelapa, lho Bunda!
Note: Jika Bunda atau anggota keluarga sedang menjalani program diet, dan atau bermasalah dengan gula darah tinggi, harap bijaksana dengan sajian dessert asal Menado ini ya. Jika ingin tetap bisa menyantap kelezatan klappertart, Bunda bisa pilih atau cari resep Klappertart yang rendah kalori.
Selamat mencoba Bunda, salam sehat selalu untuk keluarga!

Iklan Atas Artikel

Copy

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel