Temukan Disini! Cara Membuat Kacang Tojin, Kacang Bawang a la Padang yang Super Renyah

Temukan Disini! Cara Membuat Kacang Tojin, Kacang Bawang a la Padang yang Super Renyah

Kacang Tojin adalah salah satu varian camilan kacang goreng, yang konon berasal dari Bukittinggi. Kacang Tojin adalah makanan ringan yang sangat umum dijumpai terutama pada perayaan hari lebaran. Cara membuat kacang tojin renyah harus diawali dengan merendamnya dalam bumbu halus, biasanya cukup dengan bawang putih dan garam. Bagi Bunda yang belum pernah mencobanya mungkin akan bertanya, “Lalu apa bedanya dengan kacang bawang yang biasa kita kenal?”
Tentu saja ada perbedaannya ya Bunda, yakni Kacang Tojin, Kacang Bawang a la Padang ini menggunakan taburan irisan daun seledri yang digoreng kering terlebih dahulu lalu dihancurkan dengan cara diremas-remas dan diaduk rata dengan kacang bawang yang telah digoreng. Ternyata menambahkan taburan daun seledri ini memberikan rasa lebih gurih dan aroma yang lebih harum. Kacang ini mempunyai cita rasa tersendiri yang bisa membuat Bunda dan keluarga ketagihan lho! Jika Bunda ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, ikuti resep berikut ini
Bahan-bahan
  • 500 gr kacang kupas kualitas baik
  • 2 btg seledri (cuci, tiriskan dan keringkan dengan tissue)
  • Secukupnya bawang (merah) goreng
  • Bumbu halus :
    • 8 siung bawang putih
    • Secukupnya garam dan kaldu bubuk
Langkah Membuat
1. Bilas kacang dengan air mengalir, tiriskan. Panaskan air hingga mendidih lalu siram ke kacang tadi. Diamkan 15 menit lalu tiriskan kembali. Saring sampai benar-benar tidak ada air mengendap.
2. Masukkan bumbu halus ke dalam wadah kacang. Aduk sampai tercampur rata, tutup wadahnya, lalu diamkan minimal 30 menit
3. Goreng kacang sampai kekuningan dengan minyak agak banyak dan api sedang. Tiriskan dan sebar di loyang yang sudah dialas kertas untuk menyerap minyaknya.
4. Setelah kacang selesai digoreng semua, matikan api kompor. Saring minyak supaya tidak kotor lalu panaskan wajan kembali dan masukkan minyak tadi. Setelah panas, masukkan 2 batang seledri (boleh ditambah bila suka). Goreng sampai layu/tekstur garing tapi jangan sampai gosong.
5. Angkat, tiriskan sebentar lalu remas remas daun seledri tadi sampai hancur, taburkan di atas kacang. Aduk rata. Tunggu dingin baru masukkan toples
6. Jika mau menggunakan bawang merah goreng, tunggu hingga kacang kacang benar-benar dingin terlebih dahulu, baru campur dengan bawang gorengnya. Note: kaldu bubuk bisa di skip, karena aroma dari bawang merah goreng sudah gurih.
Cukup mudah bukan untuk membuat Kacang Tojin, Kacang Bawang a la Padang ini sendiri di rumah? Supaya kacang awet renyah, jangan lupa untuk menyimpannya dalam wadah yang kedap udara. Dan pastikan menutup rapat-rapat setiap saat sehabis menikmatinya. Selamat mencoba Bunda, keluarga di rumah pasti tak akan berhenti mengunyahnya hingga setoples Kacang Tojin ini habis.

Iklan Atas Artikel

Copy

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel